5 Fakta Puasa Yang Membuat Badan Sehat

Marhaban Ya Ramadhan..

Di tanggal 18 Juni 2015 nanti seluruh umat islam akan melaksanakan ibadah puasa. Momen ini tentunya sudah banyak di rindukan juga dinanti-nanti kedatangannya. Puasa secara harfiah yaitu menahan lapar dan juga dahaga namun, lebih dari itu sebenarnya puasa memiliki banyak sekali keutamaan. Salah satunya adalah dengan membuat diri kita menjadi lebih sehat dan bugar kembali karena manfaat yang dirasakan dari puasa.

Dilihat dari segi kesehatan ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan adri berpuasa. Berikut ini adalah 5 fakta tentang puasa yang membuat badan menjadi lebih bugar.

  • Menjaga sistem pencernaan

Selama berpuasa sistem pencernaan mengistirahatkan diri. Fakta menyebutkan bahwa makanan tinggal di dalam usus adalah selama 14 jam. Namun, ternyata pada kenyataannya waktu jeda makan kita tak selama itu. Dengan mengistirahatkan sistem pencernaan maka akan membantu proses peremajaan organ. Maka dari itu ketika berpuasa waktu puasa kita adalah 14 jam yang akan membuat sistem-sistem pencernaan bisa berfungsi dengan lebih baik dan sebagaimana mestinya.

  • Menurunkan berat badan

Jika pada hari-hari biasa anda susah sekali untuk menahan godaan mengkonsumsi makanan favorit di jam makan siang secara berlebihan, maka di bulan puasa ini kita harus dengan rela hati untuk menahan lapar sampai waktu buka tiba. Berpuasa ternyata bisa juga untuk menurunkan berat badan. Mengapa bisa demikian?

Jadi begini, pada saat kita menahan rasa lapar maka pada saat itulah terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan hormon pertumbuhan. Saat sedang terjadi pelepasan hormo pertumbuhan tadi maka lemak viseral yang biasanya berada di daerah perut akan terbakar sehingga akan bisa membuat perut menjadi langsing.

  • Tidur lebih nyenyak

Saat sedang berpuasa akan terjadi perbaikan tubuh dan juga otak keduanya hanya akan terjadi pada saat kita sedang tidur dengan nyenyak atau tidur yang berkualitas. Sebuah penelitian dibuktikan bahwa tidur yang berkualitas akan didapatkan dengan kita berpuasa, maka pada saat itu akan terjadi perbaikan otak dan juga tubuh.

  • Terhindar dari “jet lag”

Pernah mendengar isitilah “jet lag”? yaitu sebuah sindrom dimana berupa rasa tidak nyaman pada daerah pencernaan, pikiran, kelelahan yang disertai dengan gangguan tidur, yang diakibatkan dari melintasi sebuah zona waktu yang berbeda. Namun, dengan berpuasa akan membuat anda terhindar dan bisa melatih seseorang untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu yang ada.

  • Menyehatkan jantung

Jantung adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali suatu gerakan untuk mendukung jantung sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berpuasa. Tahukah kamu?

Ternyata saat puasa magnesium yaitu salah satu mineral yang penting bagi tubuh akan meningkat. Magnesium ini sendiri berfungsi untuk melindungi jantung. Jika begitu maka dengan berpuasa jantung pun akan lebih awet karena terlindungi.

Wah, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari puasa. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk anda yang memang sudah wajib menjalankan untuk tidak menjalaninya.

Kami segenap tim BeliFurniture.com mengucapkan selamat menjalankan bulan puasa Ramadhan 1436 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *