Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Setiap hari banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan dan diselesaikan saat di kantor. Anda dituntut untuk selalu profesional dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu atau sesuai dengan deadline. Namun, terkadang ada saja hambatan yang menyebabkan kurang merasa produktif sehingga mengerjakan pekerjaan tidak dengan semangat yang sedang berada di puncaknya.

Salah satu yang bisa mempengaruhi semangat anda dalam bekerja adalah mengantuk. Rasa kantuk yang tiba-tiba datang memang sangat menyebalkan terlebih jika anda sedang memiliki banyak pekerjaan dengan deadline yang ketat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anda merasa mengantuk saat di kantor mungkin karena tidur anda yang kurang atau beberapa faktor lainnya seperti asupan makanan yang anda makan ketika makan siang.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tips untuk mengatasi rasa kantuk yang datang saat anda berada di kantor :

  • Jangan Lupakan Sarapan Pagi

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Siapa diantara anda yang sering malas melakukan sarapan pagi?

Tahukah kamu? banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan pagi itu sangat penting untuk memulai aktivitas. Terlebih untuk seperti anda yang banyak menghabiskan waktu di kantor untuk bekerja. Akan tetapi untuk sarapan jangan pula makan yang terlalu berlebihan karena itu akan membuat anda mudah mengantuk. Sarapan dengan susu, roti, sereal atau telur mata sapi sudah cukup membuat energi anda terisi dan siap untuk bekerja.

  • Gerak Dong !

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Ini yang terkadang luput dari para pekerja kantoran. Biasanya banyak dari anda jika sudah mengerjakan suatu pekerjaan maka akan terus fokus ke layar komputer dan lupa untuk bergerak. Bersikap pasif selain membahayakan tapi juga membuat anda mudah mengantuk karena tidak ada pergerakan. Dengan bergerak anda lebih bisa menggerakkan otot-otot anda dan menjadi lebih segar sehingga rasa kantuk pun akan berkurang.

  • Makan Siang Jangan Berlebihan

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Segala apapun yang berlebihan memang tidak baik, termasuk salah satunya adalah makan dengan berlebihan. Saat makan siang usahakan anda memakan makanan yang cukup dan ketika sore hari nanti anda bisa melanjutkan makan cemilan sehat seperti buah-buahan.

  • Batasi Konsumsi Cemilan Tidak Sehat

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Untuk cemilan sebaiknya anda konsumsi cemilan sehat seperti buah-buahan karena jika anda mengkonsumsi seperti coklat atau pun makanan ringan hanya membuat anda kenyang sesaat dan sudah terasa lemas kembali. Maka dari itu usahakan hindari untuk cemilan yang kurang sehat.

  • Tidur Yang Cukup

kantor, Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Di Kantor

Ini adalah termasuk yang cukup penting. Sebagai pekerja kantoran yang memiliki waktu kerja selama kurang lebih 8 jam sehari tentunya waktu anda banyak dihabiskan untuk pekerjaan dan belum lagi ditambah dengan perjalanan pulang yang terkadang kondisi jalanan yang macet sehingga mengurangi waktu istirahat anda karena sudah habis dijalan. Saat seperti ini waktu istirahat anda pun berkurang dan bila di rumah anda masih melakukan pekerjaan maka waktu tidur anda pun otomatis berkurang. Sebaiknya aturlah pola hidup agar anda bekerja namun tetap bisa memiliki waktu istirahat yang cukup. Dengan begitu ketika anda bekerja pun tubuh, pikiran dan jiwa anda berada dalam kondisi yang prima.

Selamat mencoba 🙂