Jauhi 5 Hal Ini Atau Anda Akan Terserang Penyakit

Duduk terlalu lama adalah salah satu kebiasaan yang sangat banyak memberikan efek yang tidak baik jika dibiarkan terus-menerus. Alasannya adalah karena normalnya seharusnya kita duduk paling lama adalah sekitar 20 menit. Bayangkan bagi anda yang bekerja kantoran berapa jam waktu yang anda habiskan untuk duduk di kursi kantor dan menyelesaikan pekerjaan anda. Dari hal itu juga biasanya para pekerja kantoran ini banyak mengeluhkan sakit punggung bagian bawah dan juga pegal-pegal. Belum lagi penyakit-penyakit lainnya seperti diabetes, jantung, dan penyakit lainnya yang diakibatkan dari aktifitas anda yang berkutat pada meja kerja anda. Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit yang diakibatkan dari hal-hal yang anda kurang perhatikan selama di kantor. Namun, anda jangan khawatir ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir resiko penyakit tersebut. Ada 5 langkah yang bisa anda ikuti agar terhindari dari resiko penyakit yang bisa menyerang anda. Ada baiknya anda mulai dari sekarang mencoba untk rutin menjalaninya. Berikut ini adalah 5 hal yang harus anda ikuti sebelum berbagai macam penyakit menyerang tubuh anda :

1. Jangan Lupa Untuk Minum Air Putih Secukupnya

Air putih berfungsi untuk mencegah dehidrasi dan juga berperan sebagai antitoksin karena bisa mengeluarkan racun-racun yang ada pada ginjal. Maka dari itu anda yang sering banyak duduk sebaiknya jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secukupnya. Air putih adalah minuman sehat yang bisa membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

2. Gunakan Kursi Kantor Yang Nyaman

Duduk merupakan kegiatan anda sebagai pekerja kantoran yang banyak dilakukan disamping anda juga mengerjakan pekerjaan. Maka dari itu dalam hal ini berarti kursi kantor adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan karena nyaman atau tidaknya seseorang dalam bekerja juga ditentukan dari kursi kantornya. Apabila kursi kantor yang anda gunakan nyaman, menyehatkan dan juga ergonomis maka kinerja anda pun tidak akan terganggu dan anda pastinya selalu bersemangat dalam bekerja. Maka dari itu usahakanlah memilih kursi kantor yang sesuai yang tidak hanya bagus dalam fisik tapi juga sesuai dengan fungsi dan penggunaannya.

3. Membersihkan Mouse dan Keyboard Secara Berkala

Anda juga perlu memperhatikan kebersihan barang-barang yang sering anda gunakan ketika bekerja karena biasanya letak sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit terdapat disana. Mouse dan keyboard adalah salah satu yang paling dekat dan sangat sering anda gunakan dalam bekerja. Bersihkanlah secara berkala karena ternyata mouse dan keyboard jauh lebih kotor dibandingkan dengan dudukan toilet. Hiii.. serem kan? Maka dari itu jaga kebersihan barang-barang yang sering anda gunakan secara berkala.

4. Meja Kerja Terlihat Rapi Namun Jangan Berlebihan

Merapikan meja kerja anda agar terlihat dan nampak selalu rapi memang bagus karena dengan begitu anda juga bisa dengan teratur meletakkan barang dan tidak akan kebingungan ketika suatu saat akan mencarinya untuk digunakan. Namun, bukan berarti anda harus terus merapikannya dan sedikit-sedikit jika terlihat berantakan anda ingin membersihkannya. Tidak dipungkiri hal tersebut bisa juga membuat anda merasa stres. Sesekali biarkan berantakan sedikit karena menurut penelitian ternyata meja kantor yang sedikit berantakan bisa memicu kreatifitas otak anda.

5. Jalan-jalan Sesering Mungkin

Ambilah waktu sejenak untuk bangkit dari kursi kantor anda dan biarkan anda berjalan-jalan untuk meregangkan otot-otot yang tegang. Cara ini bia digunakan untuk menghindari sakit punggung dan juga rasa pegal-pegal yang menjadi penyakit wajib untuk anda para pekerja kantoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *