5 Cara Untuk Melakukan Penyelamatan Laut

laut, 5 Cara Untuk Melakukan Penyelamatan Laut

Dengan adanya pemanasan global yang kian hari efeknya semakin kita rasakan membuat kita sebagai manusia harus mulai sadar untuk bisa menjaga kelestarian alam dan juga lingkungan.

laut, 5 Cara Untuk Melakukan Penyelamatan Laut

Tepat di tanggal 8 Juni 2015 ini diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Momen ini kembali mengingatkan kita untuk selalu senantiasa menjaga laut agar ekosistem dalam laut bisa tetap terjaga.

Nah, untuk bisa berkontribusi untuk menjaga kelestarian laut anda bisa melakukan 5 hal sederhana berikut ini :

  • Mengurangi Produk Plastik

Penggunaan produk plastik yang sudah tidak terpakai dan berakhir di laut maka itu akan berperan untuk memicu kerusakan habitat dan berpotensi untuk membunuh puluhan ribu hewan laut di setiap tahunnya. Maka dari itu sebaiknya anda mulai membatasi penggunaan produk plastik, seperti misalnya membawa tas daur ulang untuk berbelanja, membawa botol air yang bisa di daur ulang dan sebisa mungkin untuk menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan.

  • Travelling Yang Bertanggung Jawab

Saat ini sedang marak sekali kegiatan travelling dan itu menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Akan sangat menyenangkan lagi apabila ketika melakukannya dengan penuh tanggung jawab. Ketika sedang menikmati kegiatan yang berhubungan dengan laut baik itu snorkeling, jetski, atau melakukan perjalanan laut, jangan sampai membuang sampah atau apapun di laut.

  • Memilih Menu Seafood

Ternyata populasi ikan global karena permintaannya semakin meningkat membuatnya cepat habis. Efeknya adalah kehilangan habitat dan praktek penangkapan ikan yang terlalu berlebihan. Ketika anda sedang berbelanja atau makan di luar rumah, pilihlah ikan yang sehat dan juga tidak terlalu di eksploitasi.

  • Hindari Produk Yang Mengeksploitasi Laut

Hindari membeli produk-produk laut yang tereksploitasi karena ternyata ada produk tertentu yang bisa merugikan terumbu karang dan juga populasi. Karang, aksesoris yang terbuat dari penyu sisik, hingga sirip ikan hiu adalah produk-produk yang harus dihindari pembeliannya karena bisa merusak dan akan mengeksploitasi laut.

  • Mendukung Kegiatan Lingkungan

Sekarang ini sudah banyak komunitas yang hadir dan bergerak untuk melestarikan laut. Bila di daerah tempatmu tinggal ada komunitas yang seperti itu kamu bisa mengikuti kegiatan atau proyek tertentu untuk bisa berkontribusi melakukan kegiatan positif yang menjaga kelestarian laut dan juga lingkungan.

Selamat Hari Laut Sedunia!!