5 Gedung Kampus Unik Di Indonesia

Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak sekali gedung-gedung dengan arsitektur yang unik dan berbeda. Tidak hanya untuk gedung-gedung perkantoran ternyata gedung kampus pun banyak yang memiliki desain gedung yang tidak kalah uniknya dengan yang dimiliki oleh Negara-negara lain. Baik itu dari gedung laboratorium, perpustakaan sampai dengan gedung rektorat semuanya memiliki desain yang sangat unik sehingga bisa mencuri perhatian bagi siapapun yang melihatnya. Berikut ini BeliFurniture sudah merangkum 5 gedung kampus di Indonesia yang mempunya desain gedung yang unik dan berbeda dari kampus-kampus lainnya. Berikut ini adalah rangkumannya untuk anda :

  • The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia (UI)

Seperti namanya “The Crystal Of Knowledge” bangunan gedung ini dibuat seperti kristal dengan bentuk yang mencuat keatas dan tidak beraturan. Gedung ini adalah sebuah perpustakaan yang menampung lebih dari enak juta koleksi buku dan tentu saja bisa memuat orang sampai dengan 10 ribu pengunjung sekaligus. Gedung unik ini dibangun selama 6 bulan dan menghabiskan biaya sebesar Rp.170 miliar. Gedung perpustakaan seluas 2,5 hektar ini dibagian atapnya diisi dengan taman-taman dan untuk bagian bawahnya diisi dengan berbagai fasilitas yaitu restoran Korea, cafe, dan tentunya hot spot area.

  • New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kampus yang berlokasi di gading Serpong, Tangerang ini memiliki konsep arsitektur yang ramah lingkungan. Bangunan gedung berlantai 12 ini bisa menghemat energi hingga 53,25 kWH untuk per meter persegi. Konsep ramah lingkungan ini diakibatkan karena pengaplikasian double skin facade yang menggunakan alumunium panel dan itu bisa mengurangi panas hingga sebesar 70%. Dari hal itu maka bisa mengurangi penggunaan AC. Dinding gedung unik juga memiliki banyak pori dengan ukuran diameter yang berbeda sehingga bisa menghasilkan cahaya yang maksimal. Campuran super foam dengan beton akan mampu membuat dinding mengurangi panas dan juga meredam suara.

  • Menara Pinisi – Universitas Negeri Makasar (UNM)

Terinspirasi dari tanah kelahiran Makassar maka konsep untuk gedung kampus ini adalah perahu bugis khas Makassar. Bangunan ini dirancang oleh Yu Sing beserta kawan-kawannya dan menjadi gedung tertinggi pertama di Indonesia dengan menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid. Jika malam hari lampu-lampu pada menara gedung di lantai 17 akan kerlap-kerlip menyala dengan 12 warna yang berbeda. Jumlah 12 warna lampu itu sendiri mewakili dari 12 jumlah fakultas yang ada di kampus UNM.

  • Binus Alam Sutera – Universitas Bina Nusantara

Berlokasi di Alam Sutera, Tangerang gedung ini merupakan salah satu gedung kampus yang memiliki konsep dan bentuk yang tidak kalah unik. Budiman, sang arsitek menjelaskan jika konsep dari gedung ini sendiri adalah zonasi teratur, ramah lingkungan juga hemat energi. Ini bisa dilihat dari desain kotak-kotak pada gedung yang banyak menyediakan jendela yang besar sehingga bisa memaksimalkan pencahayaan matahari sehingga itu bisa meminimalkan pencahayaan lampu. Gedung yang dibangun pada tanah seluas 60 meter persegi ini memiliki sistem penampungan air hujan yang bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman-tanaman.

  • Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad)

Satu lagi sebuah gedung Rektorat di Universitas Padjajaran (UNPAD) yang mengusung konsep “Lembur Awi” dengan filosofi bahwa bambu adalah material serba guna yang bisa digunakan sebagai bahan bagunan hingga makanan. Terdapat dua model yang digunakan yaitu sapu lidi berbentuk lingkaran dan juga konsep rumah panggung modern.

One thought on “5 Gedung Kampus Unik Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *