5 Hal Unik Dari Peringatan Hari Waisak

Perayaan waisak yang jatuh di tanggal 2 Juni 2015 ini tentu saja menjadi momen yang sudah sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat Buddha di seluruh dunia. Dalam perayaan waisak ini ternyata terdapat tradisi unik yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Tidak ada salahnya mengetahui tentang beberapa keunikan yang terjadi pada perayaan hari waisak ini.

Berikut ini adalah keunikan yang terjadi di saat hari peringatan seluruh umat Buddha di dunia :

  • Peringatan Kelahiran Buddha Siddharta Gautama

hari waisak

Perayaan waisak ini ternyata dirayakan untuk memperingati hari kelahiran Buddha Siddharta Gautama dimana seluruh umat di dunia ikut merayakannya.

  • Perayaan Hari Wasiak Berbeda-beda

Walaupun semua umat Buddha di dunia merayakan hari waisak tapi ternyata hari peringatan di tiap-tiap Negara itu berbeda-beda. Hal itu tergantung dari kalender bulan yang digunakan dalam budaya yang dianut.

  • Persembahan Bunga & Lilin

Ketika perayaan hari waisak semua umat Buddha akan pergi mengunjungi kuil-kuil untuk melakukan doa. Pada saat itulah mereka membawa pula lilin dan bunga sebagai persembahan. Selain itu ritual lainnya yaitu membersihkan patung Buddha dan juga mendengarkan pesan-pesan dari seorang biarawan.

  • Ritual-ritual Unik

Perayaan umat Buddha ini memang dikenal dengan ritual-ritual yang unik dan banyak menarik perhatian orang, salah satunya adalah yang satu ini. Ritual melepaskan sangkar dar burung yang dilakukan pada hari waisak ternyata juga sebagai suatu simbol kebebasan. Burung-burung yang akan diterbangkan biasanya bukanlah hewan peliharaan dikarenakan mereka tidak bisa bertahan lama di alam liar.

  • Di Singapura Pada Saat Waisak Tidak Libur

Jika kita yang berada di Indonesia bisa santai sejenak dari ruitinitas dikarenakan libur pada saat perayaan hari waisak berbeda dengan Singapura. Di Singapura ternyata tidak mendapatkan hari libur dan pernah menjadi libur hanya pada tahun 1955.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *