BBM Naik Lagi? Siasati Dengan Cara Ini

Keputusan pemerintah dalam menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) per tanggal 28 Maret 2015 kemarin sontak saja membuat rakyat Indonesia merasa kecewa. Dalam hal kenaikan ini Pemerintah telah memutuskan bahwa untuk jenis bahan bakar solar dan premium naik sebesar Rp.500 per liter. Harga BBM untuk premium kini menjadi Rp.7.400 per liter dan untuk solar menjadi Rp. 6.900 per liter. Kenaikan harga BBM ini tentunya membawa dampak atau efek yang akan membuat rakyat semakin tercekik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti yang kita ketahui ketika harga BBM naik maka berbagai kebutuhan hidup pun akan naik karena pasti itu akan dibarengi dengan kenaikan  berbagai macam kebutuhan hidup lainnya. Ini berarti anda harus pintar-pintar mengatur tentang bagaimana untuk mencukup kebutuhan hidup walaupun dengan penghasilan yang pas-pasan. Bahkan per April ini juga kenaikan terjadi untuk harga tabung elpiji dan juga tiket kereta api. Hal itu tentunya menambah banyak beban masyarakat khususnya untuk mereka yang merasa penghasilannya selama ini cukup pas-pasan.

Apabila membicarakan hal itu memang tidak akan ada habisnya dan itu berarti kita dibuat mau tidak mau juga harus memikirkan bagaimana untuk bisa tetap bisa bertahan ditengah harga-harga yang semakin melambung tinggi ini. Berikut ini BeliFurniture akan memberikan solusi yang mungkin bisa berguna untuk anda dalam menghadapai kenaikan BBM dan harga-harga kebutuhan hidup lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  • Berbagi Transportasi

Untuk anda yang memiliki kendaraan ada baiknya mulai sekarang berbagi transportasi dengan rekan anda atau orang yang memiliki arah jalan yang sama dengan anda. Dengan begitu anda bisa ikut menumpang atau menumpangi dan biaya transportasi bisa dibagi menjadi dua. Sekarang ini juga tumbuh komunitas yang anggotanya saling memberikan informasi mengenai rute yang biasa dilewati dan mengajak orang yang memiliki rute yang sama untuk berangkat bersama-sama. Dengan begitu biaya bensin atau BBM bisa dibagi bersama sehingga tidak terasa berat. Cara ini juga mungkin bisa mengurangi penggunaan kendaraan di kota-kota besar khususnya seperti Jakarta.

  • Bersepeda dan Berjalan Kaki

Sebenarnya di beberapa kota di Indonesia sudah dibuatkan jalur khusus untuk sepeda walaupun masih ada saja orang yang tidak memakai sesuai dengan ketentuannya. Beberapa komunitas yang menggunakan sepeda ke kantor sudah semakin banyak selain untuk menghindari kemacetan tapi juga bisa untuk menghemat BBM karena ketika bersepeda kita tidak perlu membeli bensin. Untuk anda yang mungkin jarak dari rumah ke kantor tidak terlalu jauh anda bisa juga berjalan kaki. Gengsi anda untuk berjalan kaki sebaiknya ditahan terlebih dahulu karena melakukan jalan kaki atau bersepeda ini bisa juga sebagai kegiatan olahraga.

  • Membawa Bekal Dari Rumah

Kebiasaan anda ketika istirahat untuk makan siang di luar sebaiknya mulai sekarang ini dikurangi dan lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah. Selain sehat karena kita bisa memilih sendiri bahan-bahan yang akan diolah, kita juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk makan siang.

  • Mengurangi Untuk Anggaran Yang Tidak Perlu

Jika anda memiliki kebiasaan untuk membeli rokok, ngopi di warung sebaiknya mulai dari sekarang hal-hal itu dikurangi dari biasanya. Uang yang anda gunakan untuk membeli rokok itu bisa untuk membeli kebutuhan lainnya yang lebih bermanfaat. Mengopi di warung bisa anda ganti dengan selalu membawa minuman dari rumah. Ada baiknya anda pun harus mulai bijak untuk berbelanja dan menghabiskan uang bulanan anda agar pengeluaran anda bisa tetap di kontrol dengan baik.

One thought on “BBM Naik Lagi? Siasati Dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *