BeliFurniture.com Diliput Di InfoKomputer

Sempat dipertanyakan ide untuk membuat situs e-commerce khusus produk furniture ternyata berbuah hasil menggembirakan. Belifurniture telah membuktikannya .

Belifurniture Jeli Menangkap Masalah

Ada sebuah mantra yang selalu disampaikan para pelaku startup kepada orang–orang  yang masih bingung menentukan ide bisnis yang akan dirintis, yaitu carilah masalah buatlah sebuah startup yang mampu menawarkan solusi atas masalah yang dihadapi sang pendiri  dan juga sering dialami banyak orang.

Tampaknya mantra itu dicamkan baik-baik oleh Ronny Hartanto. Pemuda jebolan Seattle  University Amerika Serikat ini menemui masalah saat ini ia ingin berbelanja furniture untuk kantor yang sedang dibuatnya. Dari kantor nya di kawasan Karawaci, Tangerang, Ronny harus mengemudi sekitar dua jam ke Jakarta. Tapi, setelah menempuh kemacetan jalanan, sesampainya di toko furniture, ia hanya disodori brosur produk karena showroom toko cuma memamerkan barang dalam jumlah terbatas. Selain itu, ia pun menemukan variasi harga yang cukup signifikan diantara setiap toko.

Pengalaman berburu furniture ini memunculkan ide bisnis dibenak Ronny. Apalagi, ternyata banyak pemilik kantor menemui kerepotan serupa. Ia lalu mengajak dua temannya, Nico Susanto dan Soma Wisnu Putera, untuk mendirikan Belifurniture, situs e-commerce yang mengkhususkan pada produk-produk furniture, terutama perabot kantor.

Awal Yang Sulit

Ronny, Nico dan Soma memulai pengembangan Belifurniture pada pertengahan 2011. Tidak menunggu lama, situs ini sudah diluncurkan sejak Januari 2012 dengan memamerkan sekitar 2000 jenis produk, mulai dari kursi kantor, sofa hingga brankas.

Seperti umumnya  perjuangan dalam memulai usaha, masa-masa awal ini harus dilalui dengan penuh cobaan. Sejak awal berdiripun, nada pesimis sudah dilontarkan orang-orang terdekat Ronny dan kawan-kawan. Pasalnya, mereka kurang meyakini besarnya pasar disegmen belanja furniture secara online.

Tantangan lainnya adalah mencari dan memilih pemasok (supplier) perabot yang tepat untuk bekerjasama. Kalaupun ada, mereka harus berupaya keras dalam mendapatkan kepercayaan supplier. Masalah trust ini juga berhubungan dengan omset. Karena omset Belifurniture di awal masih tergolong kecil, supplier pun masih malas-malasan dalam mengirimkan order.

Kondisi ini mulai berubah seiring berjalannya waktu, belifurniture juga mengalami peningkatan omset. Dari bulan Januari ke Maret, omsetnya melesat sampai lebih dari dua kali lipat. Bahkan, hasil Penjualannya melebihi omset  toko-toko furniture konvensional. Akhirnya malah supplier yang mengejar kami – tukas Nico. Apalagi pihaknya selalu tepat waktu dalam melunasi pembayaran kepada supplier.  Walhasil, kepercayaan supplier semakin tinggi dan mereka berani memberi pasokan lebih.

Jaminan  Harga  Termurah

Ronny menyebutkan, banyak pelanggan Belifurniture yang beralih dari toko offline. Apa sebabnya? salah satu kelebihan yang dibanggakan Belifurniture di situsnya yaitu jaminan harga termurah.

Dengan modal  koneksi, meski tanpa latar belakang industri furniture, Ronny dan kawan-kawan berhasil mendapatkan diskon yang cukup tinggi dari supplier. “Harga buka produk  ditoko kami biasanya jauh lebih murah dibandingkan harga ditoko lain setelah negosiasi“ ujar Ronny. Ia menambahkan, operating cost yang lebih rendah dari pada toko offline juga berperan terhadap harga penawaran.

Selain harga yang kompetitif, Belifurniture juga mengunggulkan kemudahan dalam pemesanan perabot melalui situsnya. ”Kami adalah satu-satunya situs furniture diIndonesia yang memberikan semua deskripsi [produk]. Bukan Cuma harga, tapi juga dimensi, bahan dan warna yang dipilih” kata Nico.

Tim Belifurniture menyebut keunikan ini sebagai the only usable website. Karena disamping deskripsi, situs ini menyediakan platform e-commerce yang lengkap, dari order sampai chekout. Dalam pencarian produkpun, situs ini menawarakan layered navigation alias sistem multiple filtering yang membantu pelanggan menemukan produk sesuai kriteria yang diinginkan secara cepat.

Dari sisi pelayanan, Belifurniture menjanjikan kualitas yang prima. Tersedia fasilitas garansi dua tahun, bebas biaya kirim dan pemasangan (untuk wilayah Jabodetabek), pengiriman barang tepat waktu, dan opsi pembayaran cash on delivery ( untuk  pembelian dalam  jumlah tertentu). ”Rekor kami pernah mengisi dua ruko 3 lantai dalam tiga hari dan mengantar 400 kursi dalam dua hari” ujar Nico.

Visi  Ekspansi

Setelah tujuh bulan beroperasi, produk yang ditawarkan oleh Belifurniture telah mencapai 7000 jenis. Pelanggannya pun beragam, dari usaha kecil sampai perusahaan besar, sudah menjangkau ke Sumatera dan Kalimantan.

Nico mengakui Belifurniture sudah menjadi bisnis yang sustainable. Setiap bulan mampu menghasilkan pemasukan yang besarnya selalu meningkat. Pencapaian ini dibantu oleh upaya pemasaran online (memasang ads dan menerapakan SEO) dan offline menyebarkan brosur.

Nico menuturkan tekad Belifurniture untuk memperluas jangkauan keseluruh Indonesia, termasuk membuka physical store didaerah. Untuk itu, mereka mencari partner dibidang logistic yang dapat dipercaya. Dalam waktu dekat, Belifurniture juga bakal merambah ke pasar home furniture. ”Sekarang kami punya 2000 perabot perumahan yang siap dijual. Pelanggan bisa mengisi kamar dengan harga paket mulai Rp 2 jutaan” ucapnya.

Visi Belifurniture adalah “to be No.1 office reseller” dijakarta dan, dalam jangka panjang, Indonesia. Untuk mewujudkannya, mereka membuka pintu bagi para investor yang ingin berkolaborasi. Sampai saat ini, sudah ada 7-8 investor asing yang mendekati mereka. ”Kami tidak butuh dana untuk sustain, tapi kami butuh ide-ide segar dari investor” imbuh Nico.

Menanggapi tren bisnis startup di tanah air, Nico berujar, ”banyak yang telah salah persepsi terhadap online business. Tidak terbatas jumlah traffic , tapi yang terpenting adalah making money”. Dan Belifurniture sudah member teladan mengenai hal itu.

Terima kasih kami ke majalah InfoKomputer untuk berita yang sangat up to date!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *