Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

kantor, Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

Memiliki kantor dirumah mungkin merupakan dambaan bagi setiap orang. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan yang terpenting adalah dana transportasi.  Seiring berjalannya waktu saat ini banyak sekali orang yang mulai mencoba peruntungan untuk membuka usaha rumahan dan meninggalkan pekerjaan kantorannya. Apalagi dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini berjualan melalui media sosial pun bisa menjadi mendatangkan rezeki. Faktor-faktor tersebut mendorong sebagian orang untuk menjadi seorang entrepreneur sehingga mereka bisa bekerja cukup dari rumah.

Menjadikan rumah sebagai kantor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kelebihannya adalah dengan kita menjadikan rumah sebagai kantor kita lebih bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, tidak terkena macetnya lalu lintas, dan bisa dengan leluasa mengatur waktu untuk bekerja. Namun kekurangannya adalah dengan rumah anda dijadikan sebagai kantor mungkin ruang-ruang privasi keluarga anda menjadi sedikit terganggu. Sebagai pemilik rumah ketika kita memutuskan menjadikan rumah sebagai kantor maka kita harus terus memotivasi diri agar selalu produktif dan bukan malah bermalas-malasan dirumah karena tepengaruh dengan suasana rumah yang ingin selalu santai. Berikut ini adalah tips bagi anda yang ingin menjadikan rumah sebagai kantor :

1. Pisahkan Ruang

kantor, Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

Ini adalah unsur yang perlu diperhatikan karena kita harus memisahkan kantor dengan ruangan keluarga untuk menjaga konsentrasi ketika sedang bekerja. Ruangan kantor juga pastinya harus memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup dan tidak panas sehingga kenyamanan dalam bekerja pun akan tetap terjaga dengan baik.

2. Pasang Kaca

kantor, Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

Pemasangan kaca transparan pada suatu ruangan akan menimbulkan kesan luas dan lapang. Pemasangan kaca ini juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca tempat tinggal anda misalnya untuk yang berada di wilayah Jakarta, penggunaan kaca harus dibarengi dengan pemasangan AC. Kaca juga akan membuat suasana kantor menjadi lebih dekat dengan alam sehingga jika mengalami jenuh atau butuh inspirasi bisa dengan mudah untuk melihat tumbuhan hijau yang bisa menyegarkan pikiran kembali.

3. Sediakan Bacaan

kantor, Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

Ada ungkapan “Baca Buku. Buka Dunia”. Hal itu bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk juga memfasilitasi kantor anda dengan buku-buku bacaan seperti koran ataupun majalah. Ini berguna juga untuk tamu yang datang berkunjung ke kantor, sambil menunggu ia bisa sembari membaca. Selain itu anda juga bisa menempatkan bunga segar, tanaman hias, atau desain dekoratif lainnya agar menunjang estetika ruang kantor yang anda ciptakan dirumah.

4. Akses Mendapatkan Informasi

kantor, Nggak Ada Salahnya Buat Kantor Dirumah!

Dalam sebuah kantor penting untuk adanya sebuah akses mendapatkan informasi. Jika penggunaan telepon sudah menjadi hal yang biasa maka hal lain yang penting adalah akses internet yang sekarang ini sudah menjadi kewajiban yang harus ada dalam sebuah kantor ataupun tempat-tempat umum lainnya. Selain akses internet anda juga harus memeriksa kelengkapan akses informasi tersebut seperti daya listrik, colokan kabel-kabel dan beberapa hal penting lainnya. Bisa juga dengan menambahkan perangkat CPU, Printer, meja kantor, kursi kantor, atau filling cabinet.  Pastikan semua fasilitas lengkap tersedia seperti layaknya sebuah kantor.