Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Untuk Para Pekerja Kantoran

Sebagai pekerja kantoran yang jam kerjanya selama kurang lebih 8 jam kamu dituntut untuk selalu fokus dalam bekerja agar hasilnya pun mencapai maksimal. Hal tersebut otomatis akan membuat kamu secara hampir seharian memandangi layar komputer atau laptop anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kondisi yang seperti itu mengakibatkan terkadang mata kita menjadi cepat lelah dan itu akan berefek juga pada kesehatan kita. Ketika anda sehabis pulang kantor atau kerja seringkali merasa lelah atau pusing itu bisa jadi diakibatkan dari waktu yang lama anda menatap layar komputer. Sementara, mau tidak mau memang itu adalah tuntutan pekerjaan kita untuk selalu bisa profesional dalam mengerjakannya.

Belum lagi karena kecanggihan teknologi yang terkadang membuat kita asyik sendiri dalam menggunakan social media seperti twitter, facebook, youtube, path, instagram yang menambah mata kita akan merasa capek dan biasanya akan seperti perih dan memerah. Siapapun dari kamu pasti pernah merasakan hal ini, istilah medisnya ini disebut dengan Computer Vision Syndrome atau CVS. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah yang satu ini. Dengan begitu kamu bisa tetap bekerja dengan baik tanpa harus merasa tidak nyaman dengan kondisi mata.

Simak tips-tips berikut ini ya,

  • Jaga Jarak Pandang

Menjaga jaga pandang ketika menatap layar komputer itu sangatlah perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu terlalu jauh ataupun terlalu dekat dalam memandangi layar. Jarak fokus yang ideal adalah kurang lebih 20-26 inci atau sekitar dengan satu rentang tanganmu. Dengan menjaga posisi jarak yang baik maka posisi dudukmu pun akan menjadi tegak sehingga tidak membuat kondisi tulang punggungmu menjadi bungkuk.

  • Hindari Sumber Cahaya Terlalu Silau

Sebuah ruangan bisa dikatakan ideal apabila memiliki sumber cahaya yang masuk secara baik pula. Hindari posisi berhadapan langsung dari arah matahari masuk ataupun membelakangi jendela. Hal itu akan menyebabkan layar komputer terasa silau dan itu akan membuat matamu terasa tidak nyaman. Jadi, sebaiknya kamu duduk disamping jendela dan gunakan lampu penerangan yang hangat sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

  • Atur Cahaya Layar 

Agar bisa menyesuaikan sebaiknya kamu juga mengatur cahaya dari layarmu sendiri. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya ruanganmu sehingga tetap bisa jelas dan tajam sehingga tidak membuat pusing.

  • Ikuti Aturan 20-20-20

Ada yang tahu istilah 20-20-20 ? mungkin cara ini bisa kamu lakukan untuk meminimalisir efek mata yang bisa terlalu lelah karena menatap layar yang terlalu lama. Caranya begini, setiap 20 menit sekali kamu harus memalingkan pandanganmu kepada objek yang jaraknya kurang lebih 20 kaki atau 30 cm dan selama 20 detik.

  • Jangan Lupa Berkedip

Biasanya dalam posisi normal seseorang dalam semenit bisa mengedipkan mata 18 sampai 20 kali. Namun menurut para ahli akan berbeda dengan orang yang sedang melihat layar komputer ataupun gadget yang hanya akan mengedipkan mata sebanyak 7-10 kali. Itu terjadi karena mungkin ketika sedang memandangi komputer atau gadget sedang dalam kondisi yang sangat fokus.

Selamat mencoba kawan BeliFurniture 🙂

2 thoughts on “Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Untuk Para Pekerja Kantoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *