Cara Seorang Pemimpin Untuk Membuat Suasana Kerja Menjadi Lebih Menyenangkan

Karyawan yang merasa bahagia dalam bekerja akan cenderung lebih produktif, kreatif, loyal dan kecil kemungkinannya untuk meninggalkan perusahaan. Maka dari itu sangat penting bagi anda sebagai pemimpin perusahaan untuk menciptakan suasana bekerja atau budaya perusahaan yang dapat membuat nyaman atau menyenangkan untuk para karyawan anda. Para karyawan akan mempunyai loyalitas yang tinggi apabila anda sebagai pemimpin berhasil untuk membangun sebuah budaya kerja yang sehat dan membuat nyaman bagi para pekerja anda.

Mungkin untuk sebuah produk, cara marketing dalam perusahaan dapat dengan mudah untuk ditirukan oleh pesaing anda namun tidak untuk budaya kerja yang coba anda bangun dengan baik dalam perusahaan. Membuat para karyawan menjadi betah dan bahagia untuk bekerja bukan merupakan hal  yang cukup mudah untuk dilaksanakan karena memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun kultur atau budaya yang baik dan menyenangkan dalam ruang lingkup sebuah perusahaan. 

Ada baiknya anda meluangkan waktu sedikit untuk memikirkan dan mencoba untuk membuat budaya kerja yang bagus di perusahaan anda. Anda bisa memberikan sedikit perhatian-perhatian kecil dan juga lebih mengenali perilaku para karyawan anda sehingga anda akan merasa lebih dekat dengan mereka yang bekerja untuk anda. Jika perusahaan yang anda pimpin sudah mempunyai suasana kerja yang membuat para pekerja anda bahagia, ceria dan nyaman maka mereka akan lebih menjadi produktif dalam bekerja. Bukan hanya itu hal tersebut dapat membuat karyawan anda betah bekerja dan anda akan mampu menghemat waktu dan tenaga untuk mengatur Sumber Daya Manusia.

Berikut ini adalah cara bagaimana menciptakan suasana kerja atau budaya perusahaan yang lebih menyenangkan :

1. Pimpinlah Dengan Contoh

Adalah hal yang mutlak bagi anda seorang pemimpin untuk bisa memberikan contoh yang baik kepada para karyawan. Jangan pernah berharap agar mereka mau melakukan apa yang anda inginkan jika anda sendiri tidak mau memberikan contoh yang baik untuk mereka. Buatlah interaksi yang tidak terlalu kaku dan formal karena dengan begitu akan membuat suasana lebih santai. Apabila anda terbiasa berinteraksi dengan para karyawan anda dengan terlalu formal maka selamanya akan seperti itu sehingga nantinya para karyawan anda menjadi segan dan tidak terlalu bisa untuk terbuka kepada anda. Jangan membuat jarak dengan para karyawan anda buatlah sebuah jarak seperti keluarga sehingga anda bisa sama-sama saling terbuka layaknya dalam sebuah keluarga.

2. Buatlah Suasana Tidak Terlalu Serius

Dalam mengerjakan sesuatu kita harus bisa membuat suasana senyaman dan serileks mungkin. Mengapa demikian? karena dengan suasana yang rileks kita pun tidak akan merasa tegang dan juga takut. Buatlah sebuah lelucon atau candaan yang bisa membuat para karyawan anda tertawa sehingga bisa membuat stress terasa lebih berkurang. Dengan begitu ketika perusahaan anda sedang dalam situasi krisis para karyawan anda tetap mampu bekerja dengan baik karena suasana yang rileks ikut membantu membuat tenang situasi dan keadaan yang ada.

3. Mengevaluasi Kebahagiaan Dan Kinerja Karyawan

Anda bisa melakukan ini pada saat pembuatan laporan akhir bulan untuk mengetahui seberapa bahagianya para karyawan anda. Anda bisa memberikan berupa kuisioner untuk mengecek seberapa kebahagiaan yang dimiliki oleh karyawan anda. Tanyakan juga hal-hal apa yang membuat mereka menikmati pekerjaan mereka dan hal-hal apa pula yang membuat mereka kurang untuk bisa menikmatinya. Jika memang ada sesuatu yang mengganjal cobalah untuk terbuka. Tipe kepribadian orang berbeda-beda ada yang dengan mudah bisa mengungkapkannya didepan umum ada juga yang malu untuk mengutarakannya secara langsung. Jika begitu ajaklah untuk mengobrol empat mata dengan suasana yang lebih rileks misalnya ditempat makan yang akan membuat bahan pembicaraan anda lebih terbuka dan jujur.

4. Merayakan

Setiap ada karyawan anda yang baru saja berhasil mencapai sesuatu cobalah untuk merayakannya. Hal itu akan membuat karyawan anda menjadi lebih dihargai sehingga dengan begitu mereka akan lebih giat lagi dalam bekerja. Tidak perlu dengan cara yang bermewah-mewah namun cukup dengan cara yang sederhana anda bisa memberikannya namun itu memberikan kesan yang baik dan membuat mereka merasa senang.

3 thoughts on “Cara Seorang Pemimpin Untuk Membuat Suasana Kerja Menjadi Lebih Menyenangkan

  1. Suasana bekerja yang nyaman , mulai dari kenyamanan ruang kerja, hubungan baik dengan rekan kerja atau atasan adalah faktor penting dalam pencapaian target sebuah perusahaan dan atasan adalah motor penggerak yang bisa menciptakan kondisi-kondisi dimana karyawan berbahagia dalam melaksanakan pekerjaaannya.Thank untuk tipsnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *