Hindari Penyesalan Ketika Membeli Rumah Bekas Dengan Tips Ini

Hindari Penyesalan Ketika Membeli Rumah Bekas Dengan Tips Ini

Membeli rumah bekas itu menyenangkan, inilah mengapa bagi sebagian orang menganggap hal ini adalah satu satu alternatif memiliki hunian. Namun sebelum memutuskan, sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya tidak ada rasa penyesalan dikemudian hari. Lalu hal-hal apa sajakah yang perlu kita ketahui sebelum membeli rumah bekas. Berikut ulasannya.

1. Status Kepemilikan

Walau saat ini sangat mudah mendapatkan rumah dari jasa para broker, tapi sebaiknya Anda perlu tahu siapa nama yang tercantum dalam sertifikat aslinya. Dengan begitu, Anda dapat menanyakan berbagai perihal tentang rumah tersebut. Selain itu Anda akan mendapatkan harga paling bagus Karen alangsung berhubungan dengan si pemilik rumah.

2. Kelengkapan Dokumen

Periksa kecocokan nama surat-surat dengan si penjual, seperti surat IMB, SHGB (SHM) hingga bukti PBB beberapa tahun terakhir. Konsultasikan dengan notaris atau pejabat pembuat akta tanah. Hal ini demi menghindari sengketa yang pastinya tak Anda inginkan.

3. Perhatikan Lokasinya

Lokasi juga perlu dipertimbangkan karena merupakan penentu Anda dan keluarga ke depannya. Pelajari lingkungan sekitar, akses jalan sampai kondisi wilayahnya. Dengan mengenalnya Anda dapat menilai rumah tersebut secara keseluruhan.

4. Kebutuhan Rumah Lainnya

Anda harus dapat memastikan beberapa keperluan seperti ketersediaan air, listrik, dan lainnya. Periksa dengan seksama, sumber air bersih, instalasi listri dan saluran pembuangan. Jika perlu tanyakan kepada pemilik rumah.

5. Bentuk Tagihan

Lihat struk pembayaran PAM, PLN, telepon, PDA, retribusi kebersihan maupun keamanan, PBB tahunan berjalan dan tagihan lainnya. Tolaklah jika ada tunggakan, kecuali ada perjanjian sebelumnya.

6. Lihat Kembali Harga

Bandingkan dengan list informasi harga rumah bekas yang telah Anda peroleh sebelumnya. Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Lihatlah dari berbagai aspek dan bicarakan dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Jika beberapa poin diatas telah Anda lakukan dengan seksama, barulah Anda putuskan apakah perlu membeli rumah bekas tersebut atau tidak. Karena rumah merupakan kebutuhan maka berikan yang terbaik untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *