Inilah Perayaan Hari Kartini Di Negeri Orang

Perayaan hari kartini yang jatuh di tanggal 21 April tidak hanya dirayakan oleh masyarakat Indonesia akan tetapi juga turut dirayakan oleh orang-orang di Negara lain. Kali ini BeliFurniture akan memberitahu Negara-negara mana saja yang juga ikut merayakan perayaan hari kartini :

1. Australia

Di Australia biasanya para masyarakat dan mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di Melbourne ikut pula merayakan peringatan hari kartini. Queen Victoria Market menjadi tempat yang dipilih karena bukan hanya terletak di pusat kota Melbourne tapi juga menjadi salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh para turis mancanegara. Biasanya acara ini akan menjadi sebuah suguhan untuk pengobat rasa rindu akan tanah air karena rangkaian acara diisi oleh tarian budaya dan juga penampilan dari grup musik dari pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Australia. Selain itu banyak juga tersedia jajanan atau makanan khas Indonesia dan menambah daya tarik dan mengobati kerinduan akan makanan asli Indonesia. Tentu saja acara ini tidak hanya banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Melbourne tapi juga para turis yang ikut mengunjungi Queen Victoria Market.

2. Singapura

Buruh Migran Indonesia (BMI) Singapura yang tergabung dalam Humanitarian Organisation for Migration Economics (HOME) KARTINI mengadakan sebuah acara untuk memperingari hari kartini dengan tema yang diusung adalah World Kartini Day, Tut Wuri Handayani. Singapore General Hospital di Health Promotion Board, Outram Park Stasiun menjadi tempat kegiatan itu dilangsungkan dengan meriah. Sekitar 200 peserta hadir dari berbagai negara diantaranya Filipina, Myanmar, Bangladesh, Singapura dan juga para majikan warga negara asing yang ada di Singapura. Para BMI yang hadir tampil cantik dan anggung lengkap dengan kebaya dan juga sanggul.

3. Swiss

Lain hal yang dilakukan oleh para Verein Indonesia atau Lembaga Persahabatan Swiss yang menggelar acara untuk peringatan hari kartini di Hombrechtikon di sebuah kota kecil yang berada di kantor Zurich. Acara ini digelar untuk mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan oleh R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

4. Yunani

Para masyarakat Indonesia dengan KBRI Athena pun ikut turut memperingati hari Kartini yang digelar di taman Olympia sebuah situs peninggalan arena Olympiade kuno di Yunani. Sebanyak 320 jumlah warga negara Indonesia  yang tinggal di Athena menyambut dengan sangat antusias mengikuti acara ini yang juga sekaligus untuk menikmati wisata di Olympia. Kegiatan pun dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Ibu Kartini. Acara ini ditutup dengan pemberian hadiah untuk para pemenang lomba berbusana kebaya yang serasi.

Di Belanda dilakukan acara Festival Budaya Indonesia di kota Best. Festival tersebut dimulai dengan melakukan sebuah presentasi mengenai sejarah R.A Kartini yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan Gamelan Bali Gebyar Sekarsari – Banjar Suka Duka, Marabunta Band, Angklung Friso Wieringa, Angklung Adi Soerja dan Angklung Eindoven. Dalam acara ini juga digelar pameran busana batik dan beberapa tarian khas Indonesia. Acara festival yang merupakan kolaborasi antara KBRI Den Haag dengan yayasan Hibiscus ini berhasil menarik perhatian sebanyak 300 pengunjung dari wilayah Eindhoven dan sekitarnya.

2 thoughts on “Inilah Perayaan Hari Kartini Di Negeri Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *