PARTISI UNTUK RUANG ANDA

Saat ini, karena lahan yang sempit, banyak rumah yang dirancang dengan konsep open plan. Maka dari itu pasti anda akan merasa privasi anda menjadi berkurang. Namun tenang saja, dapatkan kembali privasi Anda dengan Partisi untuk ruang Anda sebagai solusinya. Berikut ini sembilan pilihannya:

1. Partisi dari Lemari atau Rak

Banyak perabotan yang bisa Anda gunakan untuk menyekat ruang. Salah satu pilihannya adalah lemari. Ukuran lemari yang besar memungkinkan untuk dijadikan pembatas ruang. Desain lemari yang bisa Anda gunakan adalah yang kedua sisinya diolah.

2. Partisi dari Credenza

Untuk ruangan yang kecil, credenza menjadi salah satu pilihan utama. Berbeda dengan lemari, ukuran credenza lebih kecil. Tinggi credenza umumnya kurang satu meter. Oleh karena itu, ruangan yang dipisahkan masih bisa terhubung secara visual.

3. Mini Bar

Tidak jarang saat ini rumah dirancang dengan dapur dan ruang makan yang menyatu. Untuk memisahkan kedua fungsi tersebut, Anda dapat menggunakan mini bar. Selain sebagai penyekat ruang, mini bar tersebut juga bisa menjadi tempat untuk berinteraksi.

4. Panel Transparan

Penggunaan panel yang masif sebagai penyekat ruang terkadang menjadikan ruangan sumpek. Pilihan akhirnya jatuh pada material transparan atau translucent  seperti kayu dan kaca. Material tersebut terlihat ringan sehingga tidak memberi kesan sempit dan sumpek.

5. Panel Kertas

Penggunaan kertas dalam arsitektur tradisional Jepang bisa Anda jadikan inspirasi. Anda bisa memasang kertas di rangka kayu dengan pola kotak-kotak. Selain itu, ruangan Anda pun menjadi lebih tematik.

6. Kayu dan Bambu

Banyak desainer yang menjadikan kayu dan bambu sebagai partisi. Bentuk dan tampilannya sangat beragam. Bentuk yang paling sederhana adalah bentuk teralis vertikal atau horizontal. Kayu dan bambu juga memberikan sentuhan alam di dalam ruangan Anda.

7. Partisi Portabel

Tidak selamanya partisi yang Anda gunakan harus berupa partisi yang permanen. Untuk mendapatkan ruangan yang fleksibel, Anda bisa memilih partisi yang bisa dilipat dan dipindahkan. Partisi seperti ini bisa Anda dapatkan di pasaran dengan material dan tampilan yang beragam.

8. Elemen Air

Akuarium juga bisa menjadi salah satu pilihan pembatas ruang. Desain yang bisa Anda gunakan adalah yang bisa dilihat dari dua sisi. Tak hanya membatasi ruang, akuarium ini juga bisa memperkuat suasana di kedua ruangan yang dibatasinya.

9. Cermin

Jika ruang yang Anda sekat malah menjadi terasa sempit, Anda bisa memilih menggunakan cermin. Gunakanlah cermin di kedua sekat. Cermin tersebut akan memberikan kesan luas untuk kedua ruangan yang sudah dipisahkan. Pemasangannya bisa dengan digantung atau dijadikan panel dengan bingkai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *