Rasanya Indonesia Patut Meniru Produk Jepang Ini

Bicara soal toilet maka tak lepas dari kata kotor, bau dan hal yang tak mengenakkan lainnya. Namun di Jepang hal itu justru bertolak belakang dengan kenyataan. Bagaimana tidak, tempat buang air besar disana malah membuat merasa nyaman.

Bersih, wangi dan canggih adalah kata yang pas untuk menggambarkan toilet di Jepang. Canggih? ya tak hanya bersih, toilet disana juga sarat akan teknologi. Ketika berada di dalam toilet kita akan menjumpai kloset yang dilengkapi dengan berbagai macam tombol.

toilet Jepang

Tombol-tombol tersebut punya fungsi masing-masing. Misalnya tombol spray yang mengeluarkan air dari bawah. flush untuk mengguyur air dan tombol biget. Satu tombol unik adalah tombol flushing sound. ketika tombol ini di tekan maka akan terdengar suara guyuran air. Namun tidak disertai dengan wujud air, hanya sebatas suara. Ini dimaksudkan untuk menyamarkan suara-suara yang yang ingin didengar oleh orang lain saat buang air besar. Kreatif bukan?

Salah satu toilet dengan fasilitas tersebut adalah toilet yang berada di Fakultas Desain Universitas Chiba. Satu lagi sekedar tambahan, suhu dudukan toilet juga bisa diatur sesuai keinginan lho. Jadi saat musim dingin tiba di Jepang, kita dapat menyetel hangat suhunya. Berikut video contoh toilet canggih di Jepang tersebut.

Kapan ya di Indonesia ada toilet seperti ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *