Sulit Fokus? Tanpa Disadari Inilah Penyebabnya

Salah satu faktor penentu berhasil atau tidak apa yang sedang kita kerjakan adalah bagaimana kita bisa fokus dengan sepenuhnya agar hasil yang diinginkan pun maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, terkadang tidak semua orang bisa memfokuskan dirinya dalam mengerjakan suatu hal. Ketika kita berhasil untuk fokus maka pekerjaan pun akan lebih cepat selesai dan itu menjadikan lebih produktif. Berbeda dengan orang yang sulit untuk bisa fokus maka ia akan lebih cenderung lambat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Apalagi dalam dunia kerja tentunya kita dituntut untuk selalu bisa produktif dan profesional di kantor. Walaupun begitu gangguan bisa datang dari mana saja baik dari luar atau pun dari dalam. Misalnya saja gangguan dari luar contohnya ketika kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan tiba-tiba rekan kerjamu mengajak bercanda atau pun bercerita. Akan tetapi tanpa disadari susahnya untuk bisa fokus berasal dari dirimu sendiri. Dimulai dari hal-hal kecil yang seringkali dilewatkan dan dianggap sepele karena tidak terlalu penting.

Hal-hal apa sajakah itu?

  • Melewatkan Sarapan Pagi

Sudah banyak artikel yang menjelaskan mengenai pentingnya sarapan pagi untuk anda yang memiliki banyak aktivitas sampai siang hari nanti. Jangan menganggap sepele untuk memilih tidak sarapan dikarenakan tidak sempat membuat sarapan karena takut terlambat pergi ke kantor. Bangunlah lebih pagi untuk menyiapkan makanan karena ini penting untuk kesehatan dan tingkat produktivitas anda selama seharian. Ini akan menghindarkan kamu dari kelelahan dan bisa terus fokus di jam-jam produktif.

  • Tempat Di Sekitar Yang Berantakan¬†

Apabila anda termasuk orang yang rapi maka tidak akan bisa fokus jika bekerja dalam tempat yang tidak teratur atau berantakan. Untuk anda yang selama ini sulit untuk bisa fokus coba periksa kembali lingkungan tempat kerja apakah penuh dengan barang-barang yang berserakan dimana-mana tentu saja ini akan membuat otak terganggu dan sulit untuk fokus.

  • Kurang Waktu Tidur

Cobalah untuk lebih bijak dalam mengatur waktu istirahat agar kamu memiliki waktu atau jam tidur yang cukup. Dikarenakan pada malam hari otak butuh untuk mengistirahatkan sel-selnya. Apabila kamu kurang waktu tidur maka akan sulit untuk kamu bisa fokus karena tentu saja kamu akan merasa ngantuk, lelah dan cepat bosan. Kurang tidur juga tidak baik untuk kesehatan.

  • Tidak Bisa Mengatur Pola Makan

Makan melebihi waktu yang memang sudah seharusnya akan membuat pola makan atau jam makan kamu menjadi tidak teratur.  Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk sensitif sehingga akan menyulitkan untuk bisa konsentrasi dengan pekerjaanmu.

  • Tidak Merawat Kebersihan Tubuh

Sebagai seorang pekerja tentu saja penampilan menjadi sesuatu yang penting dikarenakan setiap hari kita bertemu dengan banyak orang atau bahkan klien-klien yang menuntut kita untuk selalu tampil dengan prima. Jangan sampai badan kita terlihat tidak terawat apalagi sampai bau badan karena itu akan membuat orang disekitar akan terganggu. Tanpa disadari dengan kita tidak memperhatikan dan merawat kebersihan diri itu akan mempengaruhi tingkat konsentrasi.

Itulah hal-hal yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan terkadang itu tidak terlalu kita perhatikan. Padahal bisa saja gangguan dari dalam ini yang paling membebani dirimu untuk bisa fokus. Maka dari itu mulai dari sekarang jangan pernah lagi mengabaikannya untuk hasil pekerjaan yang lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *