Takjub Melihat Bangunan Kaligrafi Islam di Madinah

Sebagai bagian dari kompetisi bergengsi bernama ‘Noble Quran Oasis’ di Arab Saudi. Salah satu arsitek asal Belanda bernama Mecanoo mengajukan desain yang tak biasa. Karena bangunan ini nantinya akan didirikan di kota basis umat muslim, Madinah. Maka dibuatlah tempat berbentuk kaligrafi khas huruf Arab ini.

Seperti yang dikutip Aasarchitecture.com kaligrafinya memvisualisasi salah satu Firman Tuhan di kitab suci AlQur’an Surat An-Nahl ayat 15.

Terletak diantara oase-oase padang pasir yang subur dan perbukitan yang cukup tinggi. Melihat sejarah gua Hira yang begitu kental dengan Islam, maka interior bangunan ini dibuat menyerupai gua-gua modern. Jika dilihat lebih dekat interior dan eksteriornya terpisah. Dan perlu dicatat, bangunan luas ini punya pintu masuk utama di salah satu sisinya. Uniknya lagi jika dilihat dari samping maka akan nampak seperti bukit kecil.

Beberapa unsur alam seperti air dan tumbuhan memberi kesan hidup konstruksi di tengah tandusnya padang pasir kota Madinah. Sedangkan halamannya yang luas bisa dimanfaatkan untuk parade atau pertunjukan pemerintah di daerah panas tersebut.

Menggabungkan unsur alam, kepercayan dan kesimbangan. Sungguh karya yang fantastis bukan..

Artikel terkait

Memilih Furniture Menurut Arsitek Terkenal Chicago

Memilih Dekorasi Ruang Makan Kesukaan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *