Tips Membersihkan Sofa Berbahan Kain

Ruang keluarga akan semakin lengkap apabila anda menempatkan sebuah sofa ditengah-tengah ruangan karena itu bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Namun, mungkin anda akan sedikit khawatir jika sofa yang sering anda gunakan dengan keluarga sehari-hari lama kelamaan akan kotor. Tentu saja sofa yang kotor akan membuat suasana menjadi kurang nyaman ketika sedang berkumpul dengan keluarga besar.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana untuk membersihkan furniture sofa. Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai cara membersihkan furniture yang terbuat dari rotan maka kali ini BeliFurniture.com akan memberikan tips-tips mengenai cara untuk membersihkan furniture sofa yang berbahan kain.

Berikut ini adalah cairan-cairan pembersih yang bisa kalian gunakan ketika membersihkannya.

  • Detergen Cair Lembut

Campurkan sedikit deterjen dengan air hangat kemudian aduk secara rata untuk menghasilkan busa yang banyak.

  • Cuka

Untuk bahan yang satu ini sangat bisa digunakan untuk membersihkan noda kain pada pembungkus sofanya. Setelah menggunakan cuka maka bilas permukaan sofa secara intensif dengan menggunakan air sabun.

  • Tisu Basah

Bisa anda gunakan untuk menyeka bagian sarung sofa yang kotor. Karena tekstur dan kandungannya yang lembut maka tidak akan merusak sarung sofa.

Nah, setelah mengetahui apa saja bahan yang bisa anda gunakan untuk membersihkan sofa berbahan kain berikut ini adalah intruksi-intruksinya :

1. Bersihkan Debu dan Kotoran

Langkah pertama sebelum anda menggunakan bahan-bahan permbersih sofa kain anda harus terlebih dahulu menyingkirkan kotoran serta debu-debu yang menempel diatas permukaan sofa. Untuk itu anda bisa menggunakan lap, alat penyedot debu, kemoceng, sikat berbulu halus yang memiliki ujung berbulu sehingga tidak akan merusak bahan pelapis sofa.

2. Bercak Kotoran Sofa

Gunakan tisu basah atau sejenisnya yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bagian noda.

3. Membersihkan Seluruh Permukaan

Gunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan larutan deterjen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan untuk beberapa saat agar kandungan yang ada dalam detergen bisa meresap dengan baik dan bisa membersihkan kotoran yang ada di bawah permukaan sofa.

4. Keringkan

Untuk cara yang cepat mungkin anda bisa menggunakan alat pengering rambut. Namun, lebih baik lagi anda menggunakan cara yang alami yaitu dengan membiarkannya mengering dengan sendirinya. Anda bisa membuka jendela rumah untuk membantu mempercepat proses pengeringannya.

Selamat mencoba 🙂

4 thoughts on “Tips Membersihkan Sofa Berbahan Kain

    1. Iyaaa ternyata cuka juga bisa looh, silahkan dicoba yaa 😀 Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *