Tips Mendekorasi Rumah Untuk Perayaan Imlek

Tidak terasa Tahun Baru Imlek tinggal beberapa hari lagi, dan bagi warga keturunan Tiong Hoa, perayaan ini sangatlah penting, kemeriahan Imlek pun sudah mulai nampak terlihat dengan berbagai ornamen dan persiapan merayakannya. Dan salah satu yang identik dengan persiapan perayaan Tahun Baru Imlek tersebut adalah dengan mendekorasi beberapa sudut ruangan rumah.

Berikut kita intip persiapan apa saja yang bisa dilakukan untuk memeriahkan tahun baru imlek yang kali ini merupakan tahun kuda:

1. Dekorasi Rumah Dengan Nuansa Merah atau Emas

Tahun baru Imlek pasti identik dengan warna merah dan warna emas karena kedua warna tersebut melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan, warna ini bisa di aplikasikan pada ornamen seperti taplak meja, karpet, gorden, keset, keramik, sarung bantal sofa, kulit sofa atau pajangan.

2. Penambahan Aneka Hiasan Bunga yang mempercantik ruangan

Tidak bisa disangkal lagi jika hiasan bunga mampu mempercantik ruangan, pada tradisi cina sendiri, bunga dilambangkan seperti kehidupan baru. Bunga krisan dilambangkan untuk memperpanjang umur dan bunga persik melambangkan keberuntungan. Jadi, jangan lewatkan moment untuk menaruh salah satu diantara kedua bunga tersebut di vas bunga rumah anda.

3. Lampion Merah di Halaman atau Sudut Rumah

Supaya nuansa Imlek lebih meriah lagi, biasanya warga keturunan Tiong Hoa, menggantungkan lampion berwarna merah yang melambangkan kebahagiaan, biasanya lampion ini terbuat dari bahan kertas tipis yang berwarna merah dibentuk beraneka ragam. Ada juga lampion warna merah tersebut dilapisi dengan tulisan china yang berwarna emas, lampion ini sangat disarankan untuk anda pilih dan gantung di sudut atau halaman rumah anda.

4. Menambahkan Ornamen Pajangan atau Gambar Binatang Sesuai Shio tahun

Tahun 2014 merupakant tahun kuda yang diyakini sebagai tahun kebangsawanan, kecepatan, ketangkasan, dan ketekunan, Anda bisa menghiasi rumah dengan lukisan kuda ayau gambar kuda dengan tulisan – tulisan cina.

5. ‘Pohon Uang’

“Pohon uang”, bagian paling menarik dalam perayaan Imlek, anda bisa memakai pohon imitasi yang terbuat dari plastic, yang digantungkan dengan coklat dan angpau – angpau di setiap ujung cabangnya dengan menggunakan benang, hal ini mampu memeriahkan suasana.

6. Lilin Warna Merah dan Emas serta Makanan Khas Imlek

Yang terakhir adalah makanan khas Imlek tidak boleh ketinggalan, seperti jeruk mandarin, manisan, kue keranjang, lilin merah, dan berbagai pernak pernik Imlek lainnya yang menjadi perlambang akan harapan yang baik di tahun mendatang. Hidangan yang disajikan pada perayaan imlek biasanya minimal terdiri dari 12 macam masakan dan 12 macam kue. Ini melambangkan 12 macam Shio. Seluruh hidangan didoakan bersama-sama dengan keluarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri. Misalnya, Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rizki berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambang untuk udara.

Selamat mendekorasi rumah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *