Tips Ringan Membersihkan Komputer di Kantor

Komputer merupakan perangkat utama yang digunakan untuk bekerja di kantor. Jika lama digunakan maka terlihat kotor dan akan mengurangi kinerja komputer itu sendiri. Komponen-komponen kecil seperti keyboard, mouse dan spiker rentan terhadap debu.

Walau ada office boy yang kadang siap membantu, tapi jika pembersihannya mudah dan ringan mengapa kita tak melakukannya sendiri. Untuk itu tindakan ini agar tak mengganggu pekerjaan Anda. Sebelum melakukan pembersihan, siapkan dulu beberapa alat seperti :

  • Kuas tinta cina
  • Spet angin
  • Lap katun

Cara membersihkan komputer

  1. Keyboard, kotoran yang sering dijumpai di sela-sela tombol keyboard adalah debu. Caranya gunakan kuas atau lap bersih, lalu bersihkan dengan meniup spet angin. Sebaiknya lakukan perawatan ini setiap seminggu sekali.
  2. Selanjutnya komponen mouse yang kotor akan terasa tak nyaman saat digunakan. Solusinya lap dengan lap kering dan kuas bagian port usb.
  3. Membersihkan LCD monitor dengan menggunakan tisu atau lap lembut.
  4. Saat sedang dibersihkan jauhkan dari komponen lain, agar debu tidak masuk ke komponen tersebut.

Adapun trik menggunakan komputer agar terhindar dari bahaya adalah sebagai berikut

  1. Hati-hati saat terlalu lama melihat LCD monitor. Walau bahaya radiasi telah diminimalisir dengan teknologi LED tapi kita harus tetap waspada. Caranya gunakan lampu duduk bohlam LED 8 watt di disamping layar monitor.
  2. Jika menggunakan laptop pastikan tidak ada minuman dan makanan basah di sekitar. Karena dapat mengundang serangga yang bisa merusak laptop.
  3. Hindari tumpukan colokan di satu titik stop kontak. Karena hal tersebut bisa memicu konsleting antar kabel.
  4. Jika setelah selesai menggunakan komputer, sebaiknya cabut arus listrik. Karena arus tetap mengalir meski komputer sudah di matikan.
  5. Untuk menjaga kestabilan tegangan listrik gunakan UPS yang bisa mengatur naik turunnya arus.

Bagaimana mudah dan praktis bukan? perawatan rutin diatas, maka komputer Anda akan terlihat bersih, nyaman dan aman digunakan.

Artikel terkait

Tips Sehat Untuk Anda Pekerja Kantoran
Olahraga di Kantor Yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *